Tenaga paruh waktu atau saat ini biasa di sebut dengan freelance, di nilai menjadi banyak peminatnya khususnya di bidang IT , Pekerjaan ini dianggap lebih menjanjikan di bandingkan pekerja kantoran,alasannya adalah pekerjaan ini tidak terikat oleh suatu komitmen dengan pada suatu jam kerja dan terkadang mendapatkan penghasilan lebih besar dari pegawai kantoran, bahkan pekerja IT professional bisa mendapatkan 5 kali lebih besar di bandingkan di kantornya.Oleh karena itu banyak ahli professional yang banting stir menjadi pekerja freelance.

Namun ada juga yang merangkap menjadi karyawan suatu perusahaan tenaga ahli IT ini sangat banyak,terutama di bidang IT programmer,Web development,membuat aplikasi software computer, aplikasi android.
Apabila anda tertarik untuk menjadi seorang  freelance, terutama di bidang IT, berikut ini tips-tips nya ;

1.Manage waktu anda
Aturlah waktu selama 24 jam dalam sehari agar waktu anda seimbang antara jam kantor,pekerjaan pribadi anda, dan waktu untuk keluarga,dan untuk melatih anda dalam mengatur waktu, anda bias memulainya dengan;

a.8 jam untuk kantor anda,mulai dari berangkat kantor hingga pulang kerumah anda.

b.4 jam waktu untuk keluarga anda mulai mulai makan malam hingga anak istri anda mulai tertidur.

c.8 jam untuk pribadi,memulai mencari celah bisnis pada saat orang lain sedang tertidur adalah hal yang sangat baik dan efektif, karena anda bias mendapatkan ketenangan.

d.4 jam untuk pribadi,waktu yang harus anda gunakan untuk istirahat.

Biasakan menggunakan pola waktu sperti ini, selama 1-2 bulan agar anda terbiasa.

3. Komitmen
 Selalu berjanji pada diri pribadi anda agar selau konsisten dengan pekerjaan dan resiko yang akan diterima.

4.Jangan hilangkan kebiasaan olahraga,
Terkadang seorang IT akan lupa ketika dirinya sudah didepan PC, usahakan agar selalu bergerak agar kebugaran tubuh anda tetap normal, perbanyak minum air putih.

5.Jangan pernah korupsi waktu anda
Disela-sela waktu anda istirahat jam kantor, jangan sekali- sekali menggunakan waktu anda untuk mengerjakan urusan pribadi,karena anda telah membagi jadwalnya sendiri.Maka komitmen lah dengan jadwal kegiatan yang anda buat, walaupun anda seorang yang gemar melanggar peraturan kantor, namun pahamilah, anda adalah karyawan kantor tersebut,walaupun tidak membuat anda menjadi kaya, namun menjadikan anda bisa bertahan hidup sampai saat ini,jadi professionallah.

6.Mental yang kuat
Dengan memilih menjadi seorang freelance tidak secara langsung anda menjadi mempunyai banyak bos,yang akan menegur,memarahi atau komplen, apabila pekerjaan yang telah di dsepakati tidak di kerjakan dengan benar.

7.Strategi penjualan
Sebagai seorang freelance dalam bidang IT, anda tidak hanya menjual kemampuan dan ide anda,namun juga menjual jasa, maupun produk( software).Pilihannya adalah, jual murah banyak yang membeli, atau jual dengan harga mahal namun sedikit yang membeli.
Itulah tips untuk menjadi seorang freelance di bidang IT, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin terjun di bidan ini. 

Categories:

4 comments:

  1. wah mantap sekali bang, sekali dapet uang bisa ngalahin pegawai. tp sekali zonk ya zonk.heheheh... kunjungan balik mans

    ReplyDelete
  2. haaa iyaa kalau lagi zonkkk pusingg

    ReplyDelete
  3. Yah resiko sebagai freelancer memang begitu ...., sekali dapet langsung banyak, sekali kosong ya melompong .....

    ReplyDelete
  4. iya gan benar,,,,saat melompongnya itu lhooo haa

    ReplyDelete

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!